Salah satu Modul/Aplikasi INAPORTNET yang digunakan oleh shipping lines untuk membuat/mengajukan LINE, SCHEDULE dan COMMERCIAL OFFER yang menjadi inputan atas berbagai proses berikutnya di Kantor Pemerintah, Badan Usaha di Pelabuhan secara terintegrasi .

Uraian proses utama pada Modul INA-Vessel Management

Creating : LINE

Yaitu pembuatan rencana trayek tetap pelayaran. Dilakukan oleh Shipping Line secara elektronis, Line akan digunakann oleh Shipping Line untuk membuat rencana perjalanan kapal dari pelabuhan sebelumnya ke pelabuhan berikutnya .

Creating : VOYAGE

Yaitu pembuatan jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal dengan menentukan perkiraan tanggal kedatangan dan tanggal keberangkatan kapal. Dilakukan oleh Shipping Line secara elektronis di LINE (untuk kapal dengan status liner/trayek tetap) sementara untuk kapal tramper/trayek tidak tetap bisa langsung membuat rencana kedatangan dan keberangkatan kapal (voyage) .

Creating : CALL FOLDER

Yaitu penyampaian berkas data untuk perijinan keluar-masuk kapal (clearance in/out) dengan instansi pemerintah terkait seperti Syahbandar, Imigrasi, Kesehatan Pelabuhan dan Otoritas Pelabuhan yang dilakukan secara elektronis. Melalui INAPORTNET, layanan perijinan keluar masuk (clearance in/out) memiliki kemudahan*:

.

Pihak yang terlibat pada Modul INA-Vessel Management

 

Main Proses Shipping Line PELINDO / IPC Imigrasi / KKP / Karantina Otoritas Pelabuhan Syahbandar
Creating manifest Bongkar / Muat v        
Validasi v v v v v


Managed by ILCS (Subsidiary of IPC and TELKOM) with special arrangement to IPC/HUBLA© Company 2013