Salah satu Modul/Aplikasi IPC yang  digunakan oleh shipping lines dan terminal operator untuk melakukan proses pengajuan permintaan pelayanan kapal dan barang di pelabuhan yang menjadi inputan atas berbagai proses berikutnya di Kantor Pemerintah, Badan Usaha di Pelabuhan secara terintegrasi dengan INAPORTNET.

Uraian proses utama pada Modul IPC One Stop Service

  1. Pengajuan PKK
  2. Agen pelayaran melakukan Input Data Pemberitahuan Kunjungan Kapal (PKK) paling lambat 12 jam sebelum kedatangan kapal dengan mengisi data : data kapal, tgl jam tiba/berangkat, kemasan muatan, draft depan/belakang, pelabuhan (asal sebelum, berikut, tujuan).

  3. Pengajuan RPK/OP
  4. Rencana Penambatan Kapal & Operation Planning (RPK/OP)  diajukan oleh pihak terminal operator untuk barang petikemas & non petikemas kepada pihak IPC dengan merefensikan terhadap nomor PKK sebelumnya untuk memberikan informasi rencana kedatangan kapal, rencana penggunaan tambatan & jumlah serta jenis barang petikemas / non petikemas yang akan di bongkar / muat.
    Selanjutnya pihak IPC akan melakukan validasi sehingga dapat menentukan alokasi tambatan dan lamanya bertambat (berthing time).

  5. Pengajuan PPKB
  6. Pihak agen pelayaran mengajukan permintaan pelayanan kapal dan barang (PPKB) dengan mereferensikan  terhadap RPK/OP sebelumnya terhadap pelayanan jasa di pelabuhan ( Labuh, Pandu, Tunda, Kepil, Tambat ). Service code (kode pelayanan) pada PPKB ini meliputi : kedatangan, pindah, perpanjangan, pembatalan dan keberangkatan).
    Selanjutnya pihak IPC akan melakukan validasi penetapan (PPKB-D) sebagai dasar pelayanan secara operasional.

    Melalui IPC One Stop Service, pelayanan kapal di pelabuhan memiliki kemudahan :

    • Dilakukan secara elektronis sehingga cepat
    • Minim kesalahan
    • Layanan tidak berbayar
    • Integrasi dengan layanan pelabuhan lainnya
    • Kepastian pelayanan

Pihak yang terlibat pada Modul IPC- One Stop Service

Main Proses Shipping Line PELINDO/IPC Terminal Operator
Pengajuan PKK v v  
Pengajuan RPK/OP v v v
Pengajuan PPKB v v  

Managed by ILCS (Subsidiary of IPC and TELKOM) with special arrangement to IPC/HUBLA© Company 2013